Perawatan printer dan tinta putih agar awet di gunakan

                                   CARA PERAWATAN TINTA PUTIH

1.        Suhu dan kelembaban ruangan sangat penting dalam operational mesin printer DTG karena tinta yang digunakan oleh printer dtg bukanlah seperti tinta printer kertas pada umumnya.
Tinta printer dtg
memiliki karakter akan menjadi karet apabila kering atau terkena suhu yang terlalu panas.
Suhu yang disarankan
untuk  Printer DTG adalah antara 25'c s/d 29'c.
2.        Heat press dan mesin DTG harus terpisah ruangan.
3.        Kita wajib meneteskan sedikit Head Cleaning Solution Bengkel Print kebusa capping station

  
Setiap hari setelah Mesin Printer DTG digunakan atau setiap mau istirahat dulu dari proses produksi. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembaban permukaan printhead, terutama yang menggunakan White Ink Dupont.
Kita hanya
perlu meneteskan sedikit untuk menjaga kelembaban printhead, tidak usah sampai busa capping  station terendam penuh.

4.        Head Cleaning rutin dan Nozzle Check perlu dilakukan apabila mesin printer dtg tinta putih Dupont USA sudah didiamkan lebih dari 3 jam . Setidaknya ceck nozzle dulu ( dilakukan cleaning kalau hasil benar – benar tidak bagus).

5.       Maintenance / perawatan rutin juga sangat penting dalam penggunaan mesin printer DTG karena karakter tinta printer dtg  yang  dijelaskan pada point di atas.
Seiring
dengan operational mesin printer dtg maka akan ada beberapa bagian di printer dtg  yang  sering contact langsung dengan tinta dtg sehingga lama-lama akan terjadi penumpukan sisa-sisa tinta di bagian mesin printer dtg tersebut.
Apabila
sisa-sisa tinta textile tersebut tidak kita bersihkan maka sisa tinta textile tersebut akan semakin mengeras menjadi seperti karet dan lama-lama bias mengganggu operational dari printhead printer dtg sehingga otomatis hasil cetak dari printer dtg tersebut akan semakin menurun kualitasnya.


Berikut beberapa bagian mesin printer dtg yang perlu dibersihkan secara rutin :




- Wiper Blade 

Cara untuk mengeluarkan wiper dg cara di cungkil pelan – pelan sampai keluar. Setelah selesai di kembalikan wiper.




Bersihkan wiper menggunakan cottonbat

Wiper  blade berfungsi untuk menjaga / mengusap permukaan printhead supaya selalu bersih sehingga proses cetakakan selalu lancer dan stabil, akan tetapi lama-lama akan ada banyak sisa tinta yang numpuk di wiper blade tersebut sehingga kalau kita tidak rajin membersihkan sisa tinta mesin printer dtg tersebut maka semprotan tinta dari printhead bias menjadi kurang lancar.
Wiper blade printer DTG perlu
dibersihkan 2 hari sekali kalau operational mesin dtg berjalan 8 jam sehari non stop. Kalau pemakaian mesin printer dtg tersebut tidak terlalu intensif, maka wiper blade bias dibersihkan seminggu sekali.


6.       Capping Station 

Capping station berfungsi untuk head cleaning danjuga untuk menjaga printhead selalu vakum / kedap udara pada waktu printhead parkir di sebelah kanan mesin printer dtg.
Seiring operational mesin printer dtg, maka
akan terbentuk sisa-sisa tinta yang mengering di karet pinggir capping station tersebut dimana apabila sudah numpuk terlalu banyak, posisi capping  station tidak bias menjaga kevakuman printhead dengan optimal.
Oleh
karena itu Karet pinggir capping station harus rajin dibersihkan bersamaan dengan waktu membersihkan wiper blade.


7.       PermukaanbawahPrinthead 

Seiring pemakaian mesin printer dtg, maka permukaan bawah printhead juga akan ada sisa-sisa tinta dan serat kain yang menempel di pinggiran printhead printer dtg.
Kita juga
harus rajin membersihkan permukaan bawah printhead terutama pinggirannya.
Hati-hati
jangan sampai permukaan printhead tergores.

8.       Encoder Strip 

Fungsi Encoder strip adalah sebagai petunjuk jalan bagi Printhead.  Apabila Encoder strip terlalu kotor maka sensor di printhead printer dtg  yang  membaca encoder strip tersebut akan bingung dan jalannya printhead bias jadi kurang teratur. Masalah yang sering terjadi apabila Encoder strip terlalu kotor adalah hasil cetak berbayang kiri-kanan parah atau yang paling parah akan sering General Error.
Bersihkan Encoder Strip setiap
minggu dengan menggunakan kain yang diteteskan head cleaning solution Hobby Print.



9.      Belt Print Carriage 

Kotoran seperti uap tinta, serat kain dan debu juga bias menempel di Belt Carriage Printhead dan bisa menyebabkan kerja motor printhead jadi lebih berat dan yang paling parah, gerakan printhead bisa jadi kacau.
Bersihkan Belt Carriage printhead
secara rutin dengan sikat gigi biasa.





10.  Jarak antara permukaan kaos dengan printhead 

printer dtg juga sangat penting karena apabila permukaan kaos terlalu dekat dengan printhead apalagi sampai printhead menabrak permukaan kaos tersebut akan berakibat fatal yaitu permukaan printhead jadi kotor dan harus diberi perintah Head Cleaning beberapa kali baru bisa lancar lagi.
Pastikan
jarak antara permukaan kaos dengan permukaan bawah printhead sekitar 3 mm





Comments

Popular posts from this blog

Mengenal suku Adat Dayak Ma'anyan Barito-Timur Kal-teng

Trik : Cara mengubah bentuk wajah dengan photoshop cs3

Cara mudah membuat karikatur dengan CorelDRAW 12