Android anda bermasalah ini Tips bagi anda pengguna

9 Masalah Android dan Cara Mengatasinya 

9 Masalah Android dan Cara Mengatasinya
Terkadang, ada beberapa masalah yang biasa ditemukan pada ponsel Android. (AFP PHOTO / JEFF PACHOUD)
     Smartphone kini memang sudah jauh lebih canggih. Ia dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal, mulai dari berkomunikasi, bekerja hingga bermain. Namun, smartphone masih jauh dari sempurna.

  Inilah 9 masalah yang biasa ditemui pada smartphone Android dan cara untuk mengatasinya :
1. Baterai boros
Banyak pengguna smartphone yang mengalami masalah baterai boros. Salah satu cara paling mudah untuk membuat baterai ponsel Anda bertahan lebih lama adalah dengan mengubah pengaturan lokasi dan kecerahan layar, seperti yang disebutkan oleh CNET.

Untuk itu, masuk ke Settings > Location dan pilih mode Battery-Saving. Untuk masalah kecerahan layar, hindari menggunakan pengaturan auto-brightness. Sebagai gantinya, sesuaikan kecerahan layar sehingga ia cukup nyaman untuk dilihat, di bawah setengah tingkat kecerahan maksimal misalnya.

Beberapa ponsel baru terkadang dilengkapi dengan mode battery saving. Jika ingin tahu tips menghemat baterai, Anda bisa membacanya di sini.

2. Ponsel melambat
Biasanya, kinerja ponsel mulai melambat ketika ia mulai memiliki banyak aplikasi. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak lagi digunakan. Anda juga bisa menghapus foto atau memindahkannya ke cloud storage atau micro SD. Sebaiknya, Anda juga menutup aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan, membersihkan cache aplikasi dan membatasi penggunaan live wallpaper.

Untuk menghapus data cache, Anda bisa masuk ke Settings > Apps lalu pilih salah satu aplikasi yang cache-nya hendak Anda bersihkan dan pilih tombol "Clear Cache". Beberapa aplikasi seperti Clean Master atau App Cache Cleaner juga bisa digunakan untuk membersihkan cache secara otomatis.

3. Masalah konektivitas
Jika Anda sering mengalami masalah menghubungkan perangkat dengan Bluetooth, WiFi, atau jaringan seluler, coba aktifkan mode Airplane selama 30 detik. Kemudian, matikan mode Airplane dan coba sambungkan dengan jaringan yang Anda inginkan. Terkadang, menonaktifkan fitur konektivitas tertentu dan kembali menyalakannya juga dapat bekerja.

Masih mengalami masalah? Coba perbaiki atau atur ulang pengaturan pada perangkat Bluetooth atau jaringan WiFi Anda.



4. Pesan tak terkirim
Pertama, pastikan ponsel telah terhubung ke internet, baik melalui WiFi atau jaringan seluler. Lalu, klik pesan yang tak terkirim dan pilih "Resend" atau kirim ulang. Jika tetap ada masalah, cobalah untuk melakukan restart.

5. Panas berlebih
Beberapa smartphone Android, seperti Sony Xperia Z3+ Dual, memang mudah panas. Untuk mencegah masalah panas berlebih, cobalah untuk tidak menggunakan ponsel saat sedang mengisi baterainya. Jika mungkin, berhenti menggunakan aplikasi-aplikasi yang membebani CPU seperti Pokemon Go atau Facebook dalam waktu yang lama.

Jika ponsel mulai terasa panas, istirahatkan ponsel Anda. Namun, jika Anda tidak melakukan ini dan ponsel Anda tetap terasa panas, mungkin Anda harus menanyakannya ke profesional. Hal ini bisa saja tanda kesalahan manufaktur.

6. Masalah sinkronisasi
Ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk menyelesaikan masalah sinkronisasi. Pertama, pastikan ponsel terhubung ke internet. Kedua, pastikan layanan yang hendak Anda sinkronkan, seperti Google atau Dropbox, tidak sedang bermasalah. Kemudian, pastikan bahwa Anda memasukkan password yang benar, terutama jika Anda baru mengganti password.

Jika masih mengalami masalah, coba hapus akun dari ponsel, lalu tambahkan kembali akun tersebut.

7. Aplikasi terhenti
Ada banyak alasan aplikasi mendadak terhenti. Apakah ada update untuk aplikasi itu? Jika ya, unduh update tersebut. Jika tidak, tutup aplikasi secara paksa di menu recent app lalu coba kembali buka aplikasi tersebut.

8. Layar tak responsif
Anda mungkin ingin melempar ponsel Anda saat ia mulai bermasalah. Tapi, tidak perlu panik. Sebagian besar masalah pada smartphone bisa diselesaikan dengan melakukan restart. Namun, jika Anda merusak fisik ponsel Anda atau membuatnya basah, itu adalah masalah yang lebih sulit diatasi.

Saat melakukan restart, sebaiknya Anda membiarkan ponsel berada dalam keadaan mati selama 1-2 menit sebelum menyalakannya kembali.

9. Aplikasi tak bisa diunduh
Ada 2 alasan yang mungkin terjadi yang menyebabkan aplikasi diunduh. Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan membersihkan cache Google Play Store dengan cara yang telah dijelaskan di atas.

Cara kedua yang bisa Anda coba adalah menghapus history Play Store. Penyebab aplikasi tidak bisa diunduh biasanya adalah karena adanya corrupt cache dan Anda hanya perlu menghapusnya. Untuk itu, buka Play Store, pilih ikon tiga garis di kiri atas, lalu masuk ke bagian menu. Di menu Settings, pilih Clear local search history.



    Demikian sobat tips dari tom tom semoga ini bisa membantu anda dalam mengatasi Smartpone Android anda.jangan takut jika tidak bisa berarti bisa itu anda harus Panjang Sabar.heheehee..
  Follow juga Instagram saya ya..@oktomi_jaya " TYM "

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal suku Adat Dayak Ma'anyan Barito-Timur Kal-teng

Trik : Cara mengubah bentuk wajah dengan photoshop cs3

Cara mudah membuat karikatur dengan CorelDRAW 12