Sablon baju printer kaos gelap dengan DTG


Cara Pisah Warna Untuk Print di Kaos Hitam


Pada Proses Print pada Printer DTG ada beberapa cara saat melakukan print di kaos hitam, salah satunya yaitu pisah warna. Untuk beberapa desain teks atau tulisan sangatlah mudah proses pisah warnanya. Namun untuk pisah warna di sparasi /foto mungkin kita mendapatkan sedikit kesulitan yaitu bagaimana cara pisah warna antara File untuk print tinta putih dan File untuk print tinta warna. Karena pada Proses Print DTG khususnya untuk Kaos Hitam ada 2 kali phase atau 2 kali print, yaitu untuk print tinta putih sebagai dasar dan tinta warna. Kesulitan pisah warna untuk print di kaos hitam ini sangat simple dan mudah diatasi, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi photoshop. Jika pada proses pisah warna ini langsung dijalankan di Program AcroRip hasilnya tidak maksimal. Pertama tama yang harus kita siapkan adalah file yang ingin kita print, dalam hal ini yang harus dipersiapkan adalah file sparasi /foto untuk kita print di kaos hitam. Bagaimana caranya langsung saja kita bahas di bawah ini :
1. Siapkan File yang akan di print di kaos hitam lalu buka pada aplikasi Photoshop.
pisah warna printer dtg
2. Lakukan pisah warna dengan pilih menu Image – Adjusments – Invert.
pisah warna
3. Kemudian pilih menu Image – Adjusments – Black & White.
printer dtg pisah warna
4. Lalu pilih Default dan klik OK.
pisah warna printer dtg
5. Kemudian pilih menu Level dan geser Black Point kearah kanan.
printer dtg pisah warna
Setelah selesai proses pembuatan file untuk print tinta putih lalu di Save dengan nama “File White” dan kemudian dilanjutkan dengan proses pembuatan file untuk print tinta warna. Bagaimana caranya langsung saja disiapkan file untuk print tinta warna dan buka file tersebut pada Aplikasi Photoshop.
1. Lakukan editing dengan memilih menu Image – Adjusment – Replace Color.
printer dtg pisah warna
2.Setelah itu pilih atau selection warna yang ingin kita hilangkan, dalam hal ini yang ingin kita hilangkan adalah warna Hitam /Background (Lihat lingkaran warna merah) dan geser point Lightness hingga angka +100.”
pisah warna printer dtg
3. Setelah itu simpan file warna dan file white.
file print kaos hitam printer dtg
4. Untuk proses selanjutnya buka Aplikasi AcroRip lalu buka File untuk print warna, File – Open (Ctrl O) lalu setting ink chanel CMYKWW, setelah itu jangan langsung melakukan perintah Print tetapi buka file white untuk kita setting terlebih dahulu.
print dtg acrorip setting
5. Buka File white lalu setting “White Gradient (Negative)” kemudian centang “Remove Black Ink” setelah itu jalankan perintah Print (F10).
pisah warna untuk print kaos hitam
6. Isi point 1 pada White Setting kemudian klik Print.
cara print dtg kaos hitam
Berikut hasil print tinta Putih pada Printer DTG dari hasil pisah warna White dengan Color pada aplikasi Photoshop.
hasil print dtg kaos hitam
7. Setelah proses Print tinta putih pada Printer DTG selesai, lakukan proses selanjutnya untuk print warna. Isi point 1 pada Color Setting kemudian klik Print.
pisah warna printer dtg
Dan berikut ini adalah finishing setelah di Print White dan print Color.
pisah warna printer dtg
Pada penjelasan proses Print DTG tersebut diatas tidak menggunakan tinta hitam, jadi pada settingan di AcroRip dicentang pada “Remove Black Ink”. Jadi warna-warna yang digunakan pada Printer DTG hanya menggunakan Chanel C (Cyan), M (Magenta) & Y (Yellow) tidak menggunakan Chanel K (Black). Warna Black digantikan dengan warna material kaos yang berwarna hitam, dengan kata lain warna pengontrasnya adalah warna material Kaos Hitam. Cara pisah warna pada aplikasi Photoshop ini hanya bisa dilakukan pada proses dengan berbahan warna kaos hitam. Pada proses pisah warna ini tidak dapat dilakukan di semua warna kaos berbahan gelap seperti Dark Green, Dark Blue atau yang lainnya. Cara ini sangat simple dan mudah dipraktekan sebagai proses pisah warna untuk print kaos hitam khususnya pada proses Print DTG.
 Terima kasih semoga membantu buat anda dalam mengoprasikan printer anda dan hasilnya memuaskan.Follow juga Instagram saya @oktomi_jaya

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal suku Adat Dayak Ma'anyan Barito-Timur Kal-teng

Trik : Cara mengubah bentuk wajah dengan photoshop cs3

Cara mudah membuat karikatur dengan CorelDRAW 12